Kamis, 25 Desember 2014

SAY NO TO DRUGS

Ikut lagi lomba pidato 3 bahasa di sekolah... Alhamdulillah,hasilnya dapat Juara 2, mengalahkan puluhan siswa dari setiap kelas yang ada di sekolah kecuali 1 siswa yg menduduki posisi juara 1 ;D hehe

Lhulu An-Nisa
 XI MIA- 2
Ia upakalebbi bapak kepala SMAN 4 Watampone
 Ia ripakalebbie bapak nennia ibu guru SMAN 4 Watampone
 Nennia sibawakku ia ku banggakang’e.
Assalamua’alaikum Wr.Wb.
Alhamdulillah, sukkuruki mappoji lao ri sese arajanna puang Allahu Ta’ala na saba pammasena nennia akuasangenna na topada engkasi ri lalenna iyae we onrongnge. Salawa’ nennia pappasalama tenri allupai kiringangngi nabita Muhammad SAW. Nabi iyae engkae tiwiki pole ri onrong  petta kape’e lao rionro maccayae.
First of all, let’s thank unto Our God, because of His blessing we can gather in this good place. I do not forget to say thank you very much for master/mistress of ceremony for giving me chance to deliver my speech.
Teman-teman yang saya banggakan
Ada seorang pemuda di sebuah kamar yang sedang duduk termenung di pojok kamar dengan wajah pucat. Tubuhnya kesakitan dan detak jantungnya berdebar-debar, keluar dari hidungnya darah, terkadang dia tertawa, terkadang dia menangis dan berteriak kesakitan.
Ladies and Gentlemen
That is description of a man who falls down into drugs. He laughs when getting drugs and cries when not getting them. From that ilustration, I am going to explain my speech under title “Say No To Drugs”
Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa pemuda atau remaja mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan dan memajukan suatu bangsa. Mereka adalah harapan ummat yang berjuang untuk Negara demi mencapai masa depan yang cerah. Mereka juga merupakan harapan umat Islam yang mengorbankan diri mereka untuk mengaplikasikan ajaran-ajaran Islam di masa depan.
Oleh karena itu kita menganggap bahwa pemuda mempunyai peranan yang penting di masa yang akan datang. Akan tetapi sangat disayangkan kita banyak menyaksikan teman-teman kita dari para remaja yang melanggar hukum-hukum agama dan norma-norma yang ada serta mengabaikan pendidikan, pengajaran dan berakhlak buruk.
Hadirin yang saya hormati
Sebagaimana yang kita dapat saksikan di televisi, atau mendengar di radio atau membaca di koran-koran banyak remaja yang mengkonsumsi ekstasi, obat bius, obat-obat terlarang dan sebagainya. Sebagaimana kita saksikan di media bahwa kurang lebih 3 juta remaja yang terjerumus ke lubang narkotika dan obat-obat terlarang.
Happy brothers and sisters
Now, how is in the next year ? how was in the lat year ? how many young generations did fall down into forbidden drugs ?
It does not happen in our thinking how their future is and how the future of country is if all generation enjoy over forbidden drugs. So, how do we can overcome this problem ?
Hadirin yang saya banggakan
Ada 3 cara/metode yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.
1.      Kita mesti menanamkan keimanan dan ketaqwaan dalam diri kita, terutama terlebih dahulu di dalam lingkungan keluarga, wajib bagi setiap keluarga atau setiap orang tua untuk menanamkan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada anak-anak mereka semenjak kecil. Karena orang tua berperan penting dalam membentuk kepribadian anaknya. Sehingga ketika dewasa, anak tersebut akan tetap berpegang teguh pada ajaran agama dan tidak mudah tergoda oleh narkotika dan obat-obat terlarang.
2.      Kita mesti bersatu. Bahwasanya dengan bersatu kita akan dapat menghindari dan menghapus narkotika dan obat-obat terlarang di Negara kita ini. Sesuatu yang sulit dan berat akan menjadi mudah dan ringan apabila bersatu. Apabila masyarakat, parapemimpin, tokoh ulama dan organisasi-organisasi pemuda bersatu dalam membasmi narkotika dan obat-obat terlarang. Maka para pengedar dan para bandar narkotika dan obat-obat terlarang tidak akan berani masuk ke Negara kita ini. Mereka akan lari dan kita akan aman dari bahaya narkotika dan obat-obat terlarang.
3.      Mari kita bantu teman-teman kita, tetangga kita dan saudara-saudara kita yang terjatuh ke jurang narkotika dan obat-obat terlarang.  Mari kita ajak mereka dan nasehati mereka supaya kembali kepada jalan agama dan menyadarkan mereka bahwa kesenangan yang mereka dapatkan dari narkoba dan obat-obat terlarang tersebut hanyalah kesenangan yang sesaat.
Dengan tiga cara diatas tadi, semoga Negara kita aman dari bahaya narkotika dan obat-obat terlarang yang dapat menghancurkan masa depan.
Sebagai kesimpulan, mari kita bersama-sama berpartisipasi untuk memerangi yang namanya narkoba dan obat-obat terlarang lainnya yang menjadi salah satu kenakalan remaja. Karena kenakalan remaja menyebabkan masa depan generasi muda terancam. Selain itu, orang tua memiliki peranan yang cukup besar terhadap anaknya untuk menjauhkan anaknya dari narkoba.
Ia ripakalebbi bapak nennia ibu guru
Nennia sibawaku ia ku banggakange
Sikoniro dolo ubiritakki rilaleng pappalebbang bicarakku iyae wettue, taddampengakka narekko engka adakku tappasala nasaba idi rupa tauwe de metto nengka natoleppe pole risisinna rigau tappasalae. See you later in other chance, may Allah blees Us. Auf Wiederzehn.
Wassalamua’alaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar